Training Needs Analysis Pastikan langkah ini sebelum Pelatihan.

Training Needs Analysis – Setiap perusahaan ataupun bisnis pasti ingin terus berkembang dan berhasil, inilah kenapa perusahaan perusahaan besar pasti memastikan memberikan pelatihan yang Tepat untuk para leader dan tim nya untuk meningkatkan kapasitas SDM

Tidak dapat dipungkiri bahwa program pelatihan merupakan salah satu pendekatan utama pengembangan SDM, yang dapat membantu tercapainya keberhasilan operasional perusahaan dan juga meningkatkan kesuksesan karir karyawan.

Namun sayangnya apabila tidak sesuai dengan kebutuhan, pelatihan yang diberikan belum tentu berdampak terhadap perkembangan bisnis atau perusahaan.

Lantas, bagaimana memutuskan jenis pelatihan yang dibutuhkan?

Hal ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi tim SDM untuk memastikan jenis pelatihan yang dibutuhkan agar dapat mendapatkan manfaat maksimal dari pelatihan yang diberikan.

Mengenai Analisa Kebutuhan Training

Salah satu cara yang tepat untuk memastikan bahwa Anda memilih pelatihan yang tepat adalah melalui Training Needs Analysis atau Analisa Kebutuhan Training.

Analisa Kebutuhan Training adalah sebuah proses di mana perusahaan mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan pengembangan karyawannya sehingga mereka dapat melakukan pekerjaan mereka secara efektif, serta maju dan berkembang.

Terdapat tiga tahap penting yang perlu dilakukan dalam analisa kebutuhan training, sebelum mencoba mengembangkan suatu program pelatihan.

Analisa Pekerjaan

Tahapan pertama adalah memutuskan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan apa yang perlu dimiliki oleh setiap karyawan di perusahaan untuk setiap posisi.

Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah pengalaman bekerja serta tingkat pendidikan karyawan.

Melakukan Analisa Kemampuan dan Keterampilan Karyawan

 Tahapan kedua adalah menganalisa kemampuan dan keterampilan karyawan berdasarkan analisa tugas yang telah dilakukan sebelumnya. Melalui tahapan ini, Anda dapat membedakan karyawan yang sudah memenuhi harapan dan ekspektasi dengan karyawan yang masih membutuhkan training agar dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilannya sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Analisa Kesenjangan antara Kemampuan Karyawan dengan Kebutuhan Perusahaan

Kesenjangan yang dimaksud dalam tahapan ini adalah celah antara keterampilan yang dibutuhkan untuk suatu posisi atau pekerjaan dengan keahlian yang dimiliki dari setiap anggota tim tertentu.

Melalui Training Needs Analysis Anda dapat mengetahui celahnya, dan pelatihan apa saja yang perlu diberikan kepada karyawan, dan memastikan setiap karyawan berada pada level yang diharapkan.

Demikian sedikit penjelasan mengenai Analisa Kebutuhan Training Karyawan untuk mengembangkan bisnis dan perusahaan. Untuk memahami lebih lanjut mengenai topik ini,

pastikan program training di perusahaan anda tepat sasaran sesui dengan kebutuhan dan berdampak, untuk melakukan analisa anda bisa menghubungi kami team supersonalty Institute 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?