Teknik Membuka Presentasi Yang Menarik

Salah satu skill yang perlu di kuasai secaa khusus dalam public speaking atau presentasi adalah bagaimana kita melakukan pembukaan ,saat Anda berbicara di depan umum, 3 menit pertama adalah penentuan lancarnya Anda presentasi.

Maka pembukaan presentasi Anda harus menarik dan Anda kuasai agar berjalan dengan lancar. Seorang Public Speaker harus menguasai teknik pembukaan presentasi yang powerful.

Berikut beberapa teknik pembukaan presentasi yang dapat menarik perhatian audiens menurut buku Public Speaking karya Ongky Hojanto, yaitu :

  1. Cerita

Pada dasarnya manusia suka bercerita dan suka mendengarkan cerita, gunakan cerita yang relevan dengan tema yang akan di bawakan.

  1. Fakta Mengejutkan

Lebih bagus Anda memberikan fakta yang tidak diketahui sebagai bahan untuk membuka presentasi dan memberikan efek mengejutkan bagi audiens agar bisa memperoleh perhatian mereka.

  1. Visual Impact

Memberikan dampak visual yang menarik perhatian audiens untuk menjadi jembatan masuk ke pembahasan topik. Misal dengan menggunakan media benda yang menarik atau dengan gerakan ciri khas.

  1. Pujian

Pembukaan presentasi dapat dengan memberikan pujian kepada audiens, memberikan kesenangan pada audiens dan membuat audiens menjadi semangat.

  1. Powerful Question

Anda analisis permasalahan yang sedang terjadi belakangan ini di khayalak masyarakat dan presentasi Anda merupakan solusi dari permasalahan. Jadi topik Anda akan semakin menarik.

Dan yang pastinya kemammpuan berbicara di depan umum adalah ketrampilan yang perlu di latih dan di praktekan secara ber ulang ulang sehingga menjadi kebiasaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?