Bagaimana Membangun Team Impian / Team Building dalam Bisnis anda ?

Kini tibalah saatnya membangun tim impian / Team Building dalam bisnis , agar bisnis terus bertumbuh

Perlu diketahui bahwa saat Anda merencanakan kebutuhan tim maka hal tersebut tidak akan terlepas dari rencana strategis organisasi yang menjelaskan arah langkah dan perjalanan yang dihadapi oleh sebuah organisasi.

Rencana strategis inilah yang akan menentukan bentuk organisasi yang dibutuhkan hingga spesifikasi kendaraan untuk membantu organisasi sampai ke tujuannya.

Tentu saja setiap kendaraan memiliki elemen-elemen dengan spesifikasi tertentu yang dibutuhkan.Seperti sebuah perjalanan, tentu saja sebuah organisasi juga membutuhkan tujuan yang jelas.

Ketika tujuan sudah jelas maka perlu diketahui juga mengenai seberapa jauh perjalanan dan seberapa terjal jalan yang dilalui untuk mencapai tujuan.

Hal ini akan membantu dalam penentuan spesifikasi kendaraan yang semestinya digunakan. Dari setiap kendaraan tersebut dapat diketahui suku cadang dengan spesifikasi dan jumlah tertentu.

Jika Anda adalah organisasi dan tujuan adalah tempat yang ingin Anda tuju maka kendaraan adalah organisasinya, dan suku cadang adalah anggota tim yang bekerja dan berkarya dalam organisasi Anda.

Jenis kendaraan yang Anda gunakan sangat tergantung kepada jauhnya tujuan Anda dan medan yang akan ditempuh maka organisasi yang Anda bangun juga disesuaikan dengan kebutuhan rencana strategis organisasi Anda.

Sama saja dengan suku cadang yang memiliki spesifikasi dengan kadar dan ukuran tertentu maka seperti itu pula tim yang Anda butuhkan sebagai seorang pemimpin organisasi yang sedang melakukan perjalanan.

Anda membutuhkan orang-orang dengan spesifikasi tertentu untuk mengisi jabatan dan fungsi tertentu pula agar “kendaraan” yang digunakan dapat berfungsi dengan baik sehingga Anda bisa sampai ke tujuan sesuai dengan perencanaan dan waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Hanya saja pada beberapa kondisi, manusia yang bergabung dalam organisasi Anda tidak bisa disamakan persis dengan onderdil kendaraan.

Mereka adalah manusia yang bisa bertumbuh dan berkembang, memiliki bakat dan passion, serta memiliki kelemahan dan potensi.

Oleh karena itu yang perlu kita lakukan tentu saja tidak hanya sebatas mencari orang-orang dengan spesifikasi terbaik, tetapi juga mengembangkan mereka sehingga memiliki kompetensi yang diharapkan organisasi.

Untuk itu, kita perlu menganalisis setiap jabatan dengan lebih dulu mengetahui dan mendeskripsikan dengan detail dua hal besar yakni job spesification dan job competencies.

Tujuannya agar tim yang dihadirkan dalam organisasi benar-benar seseorang yang siap untuk menjadi bagian dari kesuksesan organisasi.

Sebelum melangkah lebih jauh, kami mengajak Anda untuk mendeskripsikan terlebih dahulu rencana strategis untuk organisasi Anda.

Apa visi dan misi organisasi Anda? Apa langkah strategis yang akan dibuat untuk organisasi Anda? baru langkah selanjutnya merencanakan Team Building dalam bisnis anda.

team building dalam bisnis

Nah dalam hal ini, Anda boleh menggunakan pendekatan dan tools perencanaan strategis mana pun yang pernah Anda pelajari. Anda bisa saja menggunakan Business Model Canvas, Six Sigma, atau apa pun.

Berikut ini kami sajikan sebuah perencanaan strategis dengan pendekatan balanced scorecard, sebuah konsep yang mulai dikembangkan dalam strategi bisnis. Konsep ini dianggap mampu mengukur kinerja bisnis yang telah dicapai sehingga diharapkan bisa mempercepat tercapainya tujuan bisnis yang menguntungkan.

dan bagaimana Membangun team Kerja yang kuat ?

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?