cara membangun tim kerja yang solid dan produktif

Syarat Membangun Tim Kerja yang Kuat

“JANGAN KEMBANGKAN TIM, KEMBANGKANLAH LINGKUNGANNYA.”

Tim yang bertumbuh dipengaruhi oleh lingkungannya, seperti benih yang ditanam, dia akan tumbuh baik jika lingkungan kerjanya sesuai dengan syarat bertumbuhnya.

Kadar air dan nutrisi yang cukup, iklim dan suhu lingkungan yang sesuai, dan sinar cahaya matahari yang mencukupi akan mempercepat pertumbuhan, tidak hanya tumbuh mereka juga kelak akan produktif, buahnya banyak.

Maka syarat untuk membangun tim yang kuat adalah dengan menciptakan lingkungan yang tepat, diantara lingkungan yang tepat bagian menumbuhkan tim adalah :

1. Memahami karakteristik manusianya, dengan memahami karakteristik manusianya kita akan paham lingkungan kerja seperti apa yang sebaiknya disiapkan, karakteristik yang saya maksud adalah generasinya dan bakatnya.

2. Berikan lingkungan yang memungkinkan dia bertumbuh, pekerjaan yang menantang, tim kerja yang mendukung untuk berubah, serta pemimpin yang menginspirasi dan menumbuhkan.

3. Belajar dan bertumbuh sepanjang waktu, maka perlu dibuat lingkungan kerja sebagai tempat untuk belajar dan bertumbuh, tim diajak untuk terus berinovasi, mencari cara terbaru dan diajak untuk meningkatkan hasil kerja yang lebih baik.

4. Berikan waktu untuk melakukan perencanaan pendek semisal target sebulan atau seminggu, evaluasi secara mandiri dan on the spot, berikan reward hilangkan punishment, reward membuat orang mau berkembang sementara punishment membuat tim takut untuk melangkah, intinya adalah dengan membangun suasana kerja yang menyenangkan bukan menegangkan.

5. Sesekali, dan berkala inspirasi tim dengan apa yang ingin kita capai di masa depan, dampaknya bagi diri, masyarakat dan lingkungan, kaitkan dengan tujuan tujuan hidup yang ingin dicapainya, jadikan mereka pemimpi sebelum akhirnya menjelma menjadi para pemimpin. Inspirasi itu seperti sinar matahari yang menjadikan tajuk pohon menjulang tinggi.

6. Berikan penghargaan di setiap capaian, sekecil apapun capaiannya selama itu adalah pertumbuhan maka patut dirayakan, patut dihargai, meskipun perayaan hanya dengan standing ovation dan tepukan bahu.

Supersonality Institute
“Grow your people, Grow your business”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan?