Public Speaking Untuk Pemula

Tips Lancar Public Speaking Untuk Pemula

Public Speaking Untuk Pemula Salah satu skill yang perlu di kuasai untuk menignkatkan karier anda adalah kemampuan Kemampuan public speaking

kemampuan penting yang akan berguna bagi siapapun di industri mana pun. Karyawan hingga manager akan bisa diuntungkan dengan kemampuan public speaking yang baik.

public speaking sendiri bukan hanya perkara berani tampil di depan umum, tetapi juga bagaimana kamu bisa menyampaikan ide dan pemikiranmu secara verbal maupun non verbal.

Bagi kamu sebagai pemula yang baru belajar an belum banyak jam terbang hal ini mungkin sangat berguna untuk menguasai teknik public speakingskill  ini bisa dilatih dan dipelajari. beberapa tips dan cara public speaking.

  1. Jangan Langsung Berbicara Saat Baru Tampil ke Depan

coba jalan perlahan dan diam sejenak untuk tarik nafas dan berdiam sejenak di depan sebelum kamu mulai berbicara , tegakan tubuh dan tersenyumlah,..

kamu bisa mengontrol diri dan  menyapa penonton dengan tegas, kamu malah menunjukkan kesan bahwa kamu percaya diri dan menguasai situasi ! hal ini sederhana namun akan meningkatkan energimu.

  1. Jaga Kontak Mata dengan Audience

Kontak mata merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan saat melakukan public speaking.

Jika belum terbiasa dan gugup untuk memandang audience tepat di mata, coba alihkan pandanganmu ke bagian batang hidung atau dahi.

Lalu, usahakan agar pandanganmu tidak terus-terusan beralih dari satu sisi ke sisi lain.

Namun coba untuk menahan pandangan lebih lama. Cara ini juga efektif lho untuk menghilangkan rasa gugup dan membuatmu lebih fokus saat melakukan public speaking.

Untuk latihanya kita bisa adu pandang dengan teman kita, asik loch,..

  1. Bicara Perlahan

Mudah bagi siapa pun yang merasa gugup untuk berbicara terlalu cepat dan malah melewati poin-poin penting yang ingin disampaikan.

Akhirnya, informasi yang disampaikan malah tidak jelas dan sulit dipahami oleh audience.

Coba latih dirimu untuk berbicara perlahan dengan artikulasi yang jelas. Berhenti sejenak untuk tarik nafas jika terlalu gugup, dan lanjutkan kembali presentasimu.

  1. Fokus untuk Memberi, Bukan Meminta

pembicara yang melakukan presentasi semata-mata hanya untuk terkenal atau memaksa audience setuju dengan ide-idenya justru membuat penonton tidak memperhatikan mereka.

Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa melakukan public speaking dengan percaya diri dan dipercaya oleh penonton?

Ternyata alasannya sederhana: kamu harus bisa memberikan nilai baru dan inspirasi, bukan hanya berbicara demi mendapatkan ketenaran atau pengikut.

Yes,.. persiapkan public speaking mu untuk memberikan informasi yang bermanfaat dan niatkan untuk memberikan yang terbaik.

Karena itu, kamu bisa menunjukkan perasaan dan emosi saat melakukan public speaking untuk membuatmu lebih terlihat meyakinkan. Kamu juga diperbolehkan untuk menunjukkan rasa gembira dan bangga atas ide yang ingin disampaikan.

  1. Cuek dengan Para Haters

Satu hal pasti yang perlu kamu ketahui adalah kamu tidak bisa mengubah pendapat dan pandangan semua orang mengenai dirimu atau ide-idemu.

Pasti akan selalu ada orang yang tidak setuju dan tidak suka dengan apa yang kamu sampaikan.

Nah, jangan sampai kamu terlalu fokus mengurusi orang-orang yang tidak sependapat denganmu ya!

Tak perlu menghiraukan kritik yang tidak membangun, dan fokuslah pada mereka yang mendukungmu agar kamu bisa lebih percaya diri dan tenang saat melakukan public speaking.

Beberapa tips di atas merupakan cara public speaking untuk kamu yang belum terbiasa tampil di depan umum.

Agar bisa menguasai skill berbicara di depan umum lebih baik, jangan sungkan juga untuk berlatih, ya!

bagi perusahaan yang ingin meningkatkan Skill teamnya bisa undang kami dalam program Practical Public Speaking yang pastinya kami kemas secara aplikatif.

atau program – program pelathan yang berbasis experiential learning seperti Kegiatan Outbound 

Supersonalty Institute Patner Bertumbuh pribadi dan bisnis anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?