apa penyebab mengapa karyawan baru bermasalah

Mengapa Karyawan Baru Saya Bermasalah?

Beberapa waktu yang lalu ada yang bertanya ke saya, bagaimana cara menghadapi team yang “bermasalah”

Saya malah tergelitik, mencari tau apa sebab bermasalah nya pegawai tersebut? Benarkah mereka bermasalah? Atau jangan jangan system dan kepemimpinannya yang bermasalah?

Masalah pegawai bisa disebabkan karena dua hal : kesalahan sistem/tata kelola SDM atau masalah dari SDM itu sendiri. Ketika perusahaan membuka celah pelanggaran, seperti pembiaran hal hal kecil, dikarenakan tidak ada aturan yang jelas, SOP yang tertulis, uraian jabatan yang juga belum terdefinisikan hingga tidak adanya nilai dan budaya perusahaan.

Maka sangat memungkinkan kita memiliki karakteristik pegawai yang bekerja sesuai dengan kehendak dan persepsi mereka, dan menganggap apa yang mereka lakukan  benar, sementara kita melihatnya sebagai perilaku keliru/melanggar.

Nah bisa jadi penyebab pelanggaran itu karena memang karakteristik buruk pegawainya, track recordnya memang demikian, jadi mau dibuatkan aturan yang jelaskan dilanggarnya.

Tapi kalo memang penyebabnya memang karakteristik pegawainya buruk, kok dia bisa lolos seleksi ? gimana dulu seleksinya, kok bisa lolos?

Tapi dulu waktu seleksi dan training kinerjanya bagus, buruk itu setelah mereka diangkat/dikontrak jadi pegawai. Pernah juga yang menyampaikan begitu. Nah coba di cek, apakah tipe pekerjaannya sama dengan Ketika dia training?

Ternyata dijawab juga, kerjaannya beda, waktu pengangkatan pekerjaannya lebih rumit dan berat, jadi buat apa di training kalo training itu tidak mewakili pekerjaan Ketika dia diangkat jadi pegawai?

Lagi lagi penyebabnya adalah kita juga.. 😀

Supersonality Institute
“Grow your people, Grow your business”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan?