Orang Yang Tepat

Memilih Orang Yang Tepat

Memilih Orang Yang Tepat

Judul diatas saya ambil dari statement Jim Colins, seorang konsultan bisnis terkemuka di dunia, tentang pentingnya manusia melebihi pentingnya tujuan organisasi, mengapa statement diatas saya angkat menjadi sebuah artikel karena menarik untuk dibahas bagaimana menemukan orang yang tepat. Lets go !

Perusahaan perusahan besar dunia selalu memulai proses transformasi dengan memilih orang-orang yang tepat (dan membuang orang-orang yang under-performance), baru kemudian  menentukan ke arah mana layar perusahaan akan dilabuhkan. Karena sehebat apapun visi dan tujuan organisasi jika tidak memiliki orang-orang dengan kualitas terbaik mustahil untuk dicapai, sebaliknya ketika sebuah organisasi memiliki dengan orang-orang terbaik akan memiliki visi dan tujuan organisasi terbaik.

Poin utama dalam elemen kedua ini bukan hanya tentang “getting the right people on the team”. Namun justru Poin yang lebih penting adalah “pertanyaan tentang siapa” selalu lebih dahulu dibanding “pertanyaan tentang apa”. Prusahaan perusahaan kelas dunia selalu bergerak pertama-tama dengan berpikir tentang MANUSIA, baru kemudian berbicara mengenai  strategi, anggaran, struktur organisasi, dan lain-lain.

Nah pertanyaannya adalah sudahkah perusahaan Anda memiliki tim terbaik saat ini, apakah system SDM anda sudah memiliki system rekruitmen terbaik? Apakah sudah memiliki system pelatihan dan pengembangan yang melatih SDM ke level kompetensi terbaik? Apakah perusahaan Anda sudah memiliki manajemen kinerja yang menjamin tim mencapai kinerja terbaiknya? Jika sudah maka dipastikan Anda sudah memiliki 90 persen keberhasilan perusahaan Anda.

Sebaliknya jika organisasi Anda belum mendesain pengelolaan SDM yang terbaik, maka perjalanan bisnis Anda pastinya akan terganggu, tujuan-tujuan dan sasaran-sasaran organisasi akan terhalang dengan orang-orang yang tidak memiliki komitmen dan kompetensi yang mumpuni untuk mewujudkan impian-impian terbesar dari bisnis Anda.

Oleh karena itu penting bagi diri Anda untuk mulai memikirkan pengelolaan SDM yang lebih professional, membangun system pengelolaan SDM yang mendukung pencapaian tujuan organisasi Anda, menarik orang-orang terbaik dalam organisasi Anda, melatih mereka dan meningkatkan kemampuan mereka, memunculkan bakat-bakat hebat mereka, sehingga dengan demikian organisasi Anda berpeluang tidak hanya menjadi organisasi hebat tetapi juga organisasi besar, good to great company.

1 comment on “Memilih Orang Yang TepatAdd yours →

Please Login to Comment.