Membuat Kerangka Presentasi

Membuat Kerangka Presentasi

Membuat Kerangka Presentasi – Salah satu pekerjaan yang cukup menyita waktu sebelum presentasi adalah membuat materinya, kecuali kamu hanya ingin menyampaikan presentasi ala kadarnya atau presentasi yang biasa tanpa kesan apapun.

Ada beberapa kebiasaan ketika menyusun presentasi

  1. mereka duduk di depan komputer, membuka PowerPoint, dan mulai membuat slide
  2. mereka membuka presentasi PowerPoint sebelumnya, menyalin beberapa slide ke presentasi baru file, dan berharap untuk menambahkan slide baru yang akan melengkapi pesan
  3. Copy paste presentasi yang di dapatkan dari pemateri sebelumnya

Tak satu pun dari metode ini yang sangat efektif. Mengapa ? Karena PowerPoint tidak akan membantu Anda membuat pesan yang jelas untuk audiens Anda.

Ini hanyalah alat untuk menciptakan dukungan visual, awal karier sebagai trainer dulu seringkali mengkoleksi slide dari para senior berharap akan bisa menyampaikan namun teryata jika hanya kopy paste materi yang i sampaikan tiak memiliki ruh atau kurang power Full.

dari mana Anda harus memulainya? Yang pastinya akan lebih power Full jika kita membuat alur sendiri materi yang akan di sampaikan sehingga saat mempresentasikan kita akan lebih fleksibel.

Bagaimana langkah – langkahnya :

Langkah 1: Tentukan Tujuan

Langkah pertama dalam membuat kerangka adalah menentukan tujuan presentasi Anda.

Apa yang Anda ingin audiens ketahui, lakukan, pahami, setujui, setujui, dll. di akhir presentasi? Pastikan tujuan Anda spesifik dan dapat dicapai dalam jangka waktu dan situasi yang diberikan kepada Anda.

Langkah 2: Analisis audiens

Selanjutnya, analisis audiens Anda untuk menentukan titik awalnya. Apa yang sudah mereka ketahui tentang topik Anda? Apa yang ingin mereka dengar? Kekhawatiran atau keberatan apa yang mereka miliki? Seberapa besar mereka mempercayai Anda?

 

Langkah 3: Rencanakan konten Anda

Setelah Anda menyelesaikan tujuan dan analisis audiens, Anda kemudian dapat mulai merencanakan konten Anda.

Saya sarankan Anda memikirkan tiga Point dalam kerangka Anda.  terdiri dari topik yang ingin Anda bahas, biasanya hanya tiga hingga lima topik yang dapat Anda bahas di sebagian besar presentasi.

bagaimana anda membukanya ?

Bagaimana Isinya ?

Bagaimana Menutupnya ?

berapa lama Durasi waktunya ? materi yang di sampaikan setelah tujuan Presentasi yang akan kita sampaikan jelas.

Bagi setiap topik menjadi poin-poin yang perlu Anda sampaikan untuk topik tersebut. Kemudian putuskan informasi pendukung apa yang akan Anda gunakan untuk mendukung atau membuktikan setiap poin.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?