Ingin tahu perihal service excellent 

loyalitas pelanggan adalah salah satu faktor penentu kesuksesan perusahaan. Dan salah satu untuk meningkatkan loyalitas konsumen, Anda bisa mencoba mempraktekkan service excellent dalam aktivitas berbisnis.

Service excellent adalah pelayanan konsumen sesuai standar kualitas tertentu.

Service excellent adalah salah satu kunci sukses yang diterapkan perusahaan besar dan bertahan lama.

Ingin tahu perihal service excellent secara mendalam?

Kesuksesan sebuah perusahaan dapat diukur dengan melihat tingkat kepuasan pelanggannya.

Pelanggan yang puas saat berbelanja di suatu toko pun cenderung akan menjadi pelanggan tetap dan memberikan rekomendasi ke orang lain untuk berbelanja di toko yang sama.

Banyak cara dapat ditempuh untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan, salah satunya adalah dengan menerapkan konsep service excellent atau service excellence.

Apa itu service excellent? Dalam Bahasa Indonesia, service excellent adalah pelayanan prima terhadap konsumen.

Service excellence memiliki sejumlah pengertian. Menurut Johnston dan Clark, service excellence adalah sebuah bentuk layanan yang mampu memenuhi kebutuhan dan menjawab masalah atau pertanyaan pelanggan.

Singkatnya, service excellence adalah bentuk pelayanan ramah guna mencapai tujuan yakni rasa kepuasan konsumen.

Pihak-pihak yang bertanggung jawab terhadap pelayanan konsumen ini seperti customer service, front office, pramuniaga harus bisa mendengarkan, memahami, dan menjawab pertanyaan atau kebutuhan konsumen yang dilontarkan kepada mereka.

Saat bekerja, mereka dituntut untuk mengesampingkan emosi pribadi dan berfokus pada penanganan konsumen. Mereka juga harus bisa memprioritaskan kebutuhan pelanggan demi menumbuhkan feedback yang positif dari konsumen.

Tak hanya sebatas hubungan pebisnis dan konsumen, penerapan service excellence juga dapat ditemukan pada kehidupan internal perusahaan. Pada perusahaan, service excellence adalah sikap dari semua departemen di perusahaan yang mana saling membantu satu sama lain.

Unsur Service Excellent

Seperti yang telah kita pahami, service excellence adalah upaya pelayanan untuk memenuhi kebutuhan dari orang lain. Dengan memberikan service excellence, diharapkan pelanggan akan merasa senang dan nyaman saat berbelanja atau menggunakan jasa dari perusahaan.

Namun pelaksanaan service yang excellence ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Terdapat 6 unsur pokok dalam pelayanan prima terhadap konsumen yang dirumuskan oleh Barata (2004), yakni:

1) Attitude

Attitude adalah sikap saat menghadapi dan melayani konsumen.

2) Ability

Ability merupakan kemampuan kerja yang baik untuk menangani konsumen, seperti komunikasi efektif.

3) Attention

Attention adalah bentuk kepedulian terhadap kebutuhan, pertanyaan, hingga keluhan dari pelanggan.

4) Appearance

Appearance adalah penampilan yang mencerminkan kualitas serta kredibilitas pelayanan kepada konsumen.

5) Accountability

Accountability merupakan bentuk tanggung jawab yang diberikan kepada konsumen guna mengatasi keluhan, ketidakpuasan, atau masalah lain yang ditimbulkan.

6) Action

Terakhir, action adalah tindakan nyata saat melayani konsumen.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?