kompetensi manajer

Apa saja kompetensi manajer ?

Kompetensi manajer adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan untuk memimpin dan/atau mengelola unit organisasi.

Kompetensi manajer digabungkan dengan kompetensi teknis dan sosial kultural akan menjadi faktor penentu keberhasilan organisasi, ini adalah lanjutan sebelumnya berkaitan dengan kamus kompetensi,

Leadership

Kecakapan untuk menetapkan dan mengomunikasikan sasaran kerja tim, mengelola, dan membagi sumber daya tim secara efektif. Melakukan monitoring dan arahan agar sasaran kinerja tim dapat tercapai secara optimal. Cakap dalam memberikan motivasi dan membina kemampuan anggota tim menuju level kompetensi yang makin unggul.

Skala KecakapanDeskripsi Kecakapan
 

1

Kecakapan di bawah standar. Memiliki kecakapan yang sangat rendah untuk menetapkan dan mengomunikasikan sasaran kerja tim, mengelola dan membagi sumber daya tim secara efektif. Tidak mampu melakukan monitoring dan arahan agar sasaran kinerja tim dapat tercapai secara optimal. Tidak memiliki kecakapan dalam memberikan motivasi dan membina kemampuan anggota tim menuju level kompetensi yang makin unggul.
 

2

Kecakapan yang terbatas. Memiliki kecakapan yang terbatas untuk menetapkan dan mengkomunikasikan sasaran kerja tim, mengelola, dan membagi sumber daya tim secara efektif. Kurang mampu melakukan monitoring dan arahan agar sasaran kinerja tim dapat tercapai secara optimal. Kurang memiliki kecakapan dalam memberikan motivasi dan membina kemampuan anggota tim menuju level kompetensi yang makin unggul.
 

3

 

Kecakapan standar. Memiliki kecakapan yang memadai untuk menetapkan dan mengomunikasikan sasaran kerja tim, mengelola, dan membagi sumber daya tim secara efektif. Melakukan monitoring dan arahan agar sasaran kinerja tim dapat tercapai secara optimal. Cakap dalam memberikan motivasi dan membina kemampuan anggota tim menuju level kompetensi yang makin unggul.
 

4

Kecakapan lanjutan. Memiliki kecakapan untuk merencanakan, mengawasi, dan mengendalikan proses penetapan sasaran kerja tim dan pembagian sumber daya tim secara efektif. Memiliki kemampuan yang sangat baik dalam melakukan monitoring dan arahan agar sasaran kinerja tim dapat tercapai secara optimal. Sangat cakap dalam memberikan motivasi dan membina kemampuan anggota tim menuju level kompetensi yang makin unggul.
 

5

Kecakapan ahli. Memiliki kecakapan untuk mengembangkan inovasi dan inisiatif dalam mengembangkan kapasistas leadership para anggota. Mampu melakukan proses kaderisasi kepemimpinan yang efektif sehingga mutu leadership di semua level dapat terpeliharan dengan optimal.

Negotiation Skills

Kecakapan untuk merumuskan dan mengomunikasikan tawaran kebutuhan organisasi kepada mitra negosiasi. Melakukan persuasi disertai dengan data dan argumen yang solid agar kepentingan organisasi dapat dipenuhi oleh mitra negosiasi. Mampu membangun hubungan bisnis yang win-win.

Skala KecakapanDeskripsi Kecakapan
 

1

Kecakapan di bawah standar. Memiliki kecakapan yang sangat rendah untuk merumuskan dan mengomunikasikan tawaran kebutuhan organisasi kepada mitra negosiasi. Tidak mampu melakukan persuasi disertai dengan data dan argumen yang solid agar kepentingan organisasi dapat dipenuhi oleh mitra negosiasi. Tidak cakap dalam membangun hubungan bisnis yang win-win.
 

2

Kecakapan yang terbatas. Memiliki kecakapan yang terbatas untuk merumuskan dan mengomunikasikan tawaran kebutuhan organisasi kepada mitra negosiasi. Kurang mampu melakukan persuasi disertai dengan data dan argumen yang solid agar kepentingan organisasi dapat dipenuhi oleh mitra negosiasi. Kurang memiliki kecakapan dalam membangun hubungan bisnis yang win-win.
 

3

 

Kecakapan standar. Memiliki kecakapan yang memadai untuk merumuskan dan mengomunikasikan tawaran kebutuhan organisasi kepada mitra negosiasi. Melakukan persuasi disertai dengan data dan argumen yang solid agar kepentingan organisasi dapat dipenuhi oleh mitra negosiasi. Mampu membangun hubungan bisnis yang win-win.
 

4

Kecakapan lanjutan. Memiliki kecakapan yang sangat baik dalam merumuskan dan mengomunikasikan tawaran kebutuhan organisasi kepada mitra negosiasi. Memiliki kemampuan yang sangat memadai dalam melakukan persuasi disertai dengan data dan argumen yang solid agar kepentingan organisasi dapat dipenuhi oleh mitra negosiasi.  Sangat cakap dalam membangun hubungan bisnis yang win-win.
 

5

Kecakapan ahli. Memiliki kecakapan untuk mengembangkan sistem dan prosedur (SOP) dalam proses negosiasi organisasi sehingga semua tahapan negosiasi dapat dijalan secara efektif dan mampu memberikan keuntungan optimal bagi organisasi.

Learning Skills

kompetensi manajer Kecakapan untuk melakukan proses pembelajaran aktif, baik secara mandiri ataupun berkelompok. Menunjukkan minat yang memadai untuk terus mengembangkan keterampilan diri dan proaktif dalam melakukan sharing knowledge di antara sesama karyawan.

Skala KecakapanDeskripsi Kecakapan
 

1

Kecakapan di bawah standar. Memiliki kecakapan yang sangat rendah untuk melakukan proses pembelajaran aktif, baik secara mandiri ataupun berkelompok. Tidak menunjukkan minat yang memadai untuk terus mengembangkan keterampilan diri. Tidak proaktif dalam melakukan sharing knowledge di antara sesama karyawan.
 

2

Kecakapan yang terbatas. Memiliki kecakapan yang terbatas untuk melakukan proses pembelajaran aktif, baik secara mandiri ataupun berkelompok. Menunjukkan minat yang rendah untuk terus mengembangkan keterampilan diri. Kurang proaktif dalam melakukan sharing knowledge.
 

3

 

Kecakapan standar. Memiliki kecakapan yang memadai untuk melakukan proses pembelajaran aktif, baik secara mandiri ataupun berkelompok. Menunjukkan minat yang memadai untuk terus mengembangkan keterampilan diri dan proaktif dalam melakukan sharing knowledge.
 

4

Kecakapan lanjutan. Memiliki kecakapan untuk merencanakan, mengembangkan, dan memfasilitasi proses pembelajaran karyawan, baik secara mandiri atau pun berkelompok. Menunjukkan minat yang sangat tinggi untuk terus mengembangkan keterampilan diri dan sangat proaktif dalam melakukan sharing knowledge di antara sesama karyawan.
 

5

Kecakapan ahli. Memiliki kecakapan untuk mengembangkan iklim, pola, dan sistem pembelajaran karyawan secara kontinyu sehingga setiap kompetensi karyawan dapat terus berkembangan secara optimal.

Mentoring and Developing Others

kompetensi manajer Kecakapan untuk merumuskan agenda pengembangan untuk para anggota (anak buah). Melakukan pembinaan dan monitoring untuk melihat peningkatan keterampilan anggota dan mampu memberikan masukan/saran yang konstruktif untuk pengembangan kompetensi anggota.

Skala KecakapanDeskripsi Kecakapan
 

1

Kecakapan di bawah standar. Memiliki kecakapan yang sangat rendah untuk merumuskan agenda pengembangan untuk para anggota (anak buah), tidak mampu melakukan pembinaan dan monitoring untuk melihat peningkatan keterampilan anggota, serta tidak mampu memberikan masukan/saran yang konstruktif untuk pengembangan kompetensi anggota.
 

2

Kecakapan yang terbatas. Memiliki kecakapan yang terbatas untuk merumuskan agenda pengembangan diri untuk para anggota (anak buah), kurang mampu melakukan pembinaan, dan  monitoring untuk melihat peningkatan keterampilan anggota, serta kurang mampu memberikan masukan/saran yang konstruktif untuk pengembangan kompetensi anggota.
 

3

 

Kecakapan standar. Memiliki kecakapan yang memadai untuk merumuskan agenda pengembangan  untuk para anggota (anak buah), mampu melakukan pembinaan dan  monitoring untuk melihat peningkatan keterampilan anggota, serta mampu memberikan masukan/saran yang konstruktif untuk pengembangan kompetensi anggota.
 

4

Kecakapan lanjutan. Memiliki kecakapan untuk merencanakan dan mengelola proses perumusan agenda pengembangan untuk para anggota (anak buah), aktif melakukan pembinaan dan  monitoring untuk melihat peningkatan keterampilan anggota, serta sangat cakap dalam memberikan masukan/saran yang konstruktif untuk pengembangan kompetensi anggota.
 

5

Kecakapan ahli. Memiliki kecakapan untuk mengembangkan sistem dan pola mentoring yang efektif untuk peningkatan keterampilan anggota, dan mampu mendorong tumbuhkan iklim pola mentoring di antara para anggota.

Communication Skills

kompetensi manajer berikutnya Kecakapan untuk mengutarakan pikirannya (baik secara lisan ataupun tertulis) dalam bahasa yang sistematis, jelas, dan mudah dipahami oleh mitra bicara. Mampu menerima dan merespons pembicaraan dari pihak lain dengan baik.

Skala KecakapanDeskripsi Kecakapan
 

1

Kecakapan di bawah standar. Memiliki kecakapan yang sangat rendah untuk mengutarakan pikirannya (baik secara lisan ataupun tertulis) dalam bahasa yang sistematis, jelas, dan mudah dipahami oleh mitra bicara.
 

2

Kecakapan yang terbatas. Memiliki kecakapan yang terbatas untuk mengutarakan pikirannya (baik secara lisan ataupun tertulis) dalam bahasa yang sistematis, jelas, dan mudah dipahami oleh mitra bicara.
 

3

 

Kecakapan standar. Memiliki kecakapan yang memadai untuk mengutarakan pikirannya (baik secara lisan ataupun tertulis) dalam bahasa yang sistematis, jelas, dan mudah dipahami oleh mitra bicara. Mampu menerima dan merespons pembicaraan dari pihak lain dengan baik.
 

4

Kecakapan lanjutan. Memiliki kecakapan yang sangat baik dalam mengutarakan pikirannya (baik secara lisan ataupun tertulis) dalam bahasa yang sistematis, jelas, dan mudah dipahami oleh mitra bicara. Memiliki kemampuan yang sangat bagus dalam merespons pembicaraan dari pihak lain dengan baik.
 

5

Kecakapan ahli. Memiliki kecakapan untuk mengembangkan budaya komunikasi yang terbuka dan produktif serta mampu mendesain saluran dan sistem komunikasi, baik lisan ataupun tertulis secara efektif sehingga proses komunikasi di antara para karyawan dapat berjalan secara optimal.

contoh bebara item berkaitan dengan kompetensi manager dan yang pastinya berkaitan dengan kompetensi ini bisa di sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan perusahaan, oke kita lanjut ke pembahasan berikutnya, berkiatan dengan lebih jelas berkaitan dengan managerial dan leadership ada kelas yang kami selenggarakan yaitu HRM Mastery anda bisa tengok apa saja yang akan di pelajari di kelas tersebut dengan klik infonya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?