6 Cara Agar Karyawan Di perusahaan anda Termotivasi

6 Cara Agar Karyawan Di perusahaan anda Termotivasi

Bagaimana cara membangun motivasi karyawan agar dapat meningkatkan kinerja mereka di perusahaan anda?

Sebagai seorang atasan atau pemimpin yang baik, pastinya Anda sangat menginginkan seluruh karyawan yang bekerja di perusahaan Anda dapat bekerja secara maksimal, demi mencapai yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Namun pada kenyataannya, tidak bisa dipungkiri lagi jika di perusahaan manapun, termasuk perusahaan Anda, pasti setiap karyawan pernah mengalami rasa jenuh dan kehilangan motivasi untuk melakukan pekerjaan mereka jalankan.

Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan mereka merasakan hal yang demikian tentunya.

Bekerja selama delapan jam setiap harinya bisa menjenuhkan bagi karyawan

Motivasi Kerja itu apa ?

Sebelum mengetahui bagaimana cara membangun motivasi kerja karyawan dengan baik, ada baiknya Anda memahami arti dari motivasi kerja itu sendiri.

Motivasi kerja merupakan suatu bentuk dorongan psikologis yang dilakukan kepada seseorang yang dapat menentukan arah perilaku (direction of behavior) dalam perusahaan serta tingkat usaha (level of effort) dan juga gigih dalam mengatasi sebuah masalah (level of persistence).

Dengan kata lain, motivasi kerja menjadi sebagai pembangkit dalam diri seseorang untuk bisa berperilaku serta bekerja dengan rajin sesuai dengan kewajiban dan tugas yang sudah diserahkan kepadanya.Mungkin diantara Anda akan terasa sulit untuk bisa menjalankan pekerjaan serta fokus dalam mengerjakan tugas dengan hasil terbaik tanpa didukung oleh motivasi kerja yang tepat.

Motivasi kerja juga berguna untuk membantu Anda agar semakin bisa bersaing dengan rekan kerja maupun kompetitor.Karena setiap saat, terdapat banyak sekali orang baru yang masuk ke dalam dunia kerja dan hampir semua diantara mereka pasti memiliki semangat kerja yang tinggi.

Oleh sebab itu, jika motivasi kerja tidak tertanam pada diri sendiri, mustahil bagi Anda untuk dapat bertahan dan sukses dalam mengejar karir.

Berikut ini merupakan hal yang menjadi motivasi dan kerap kali digunakan oleh banyak orang untuk membangkitkan semangat kerjanya yaitu:

  1. Motivasi untuk Mendapatkan Penghasilan atau Finansial

Hampir semua karyawan tentu menjadikan motivasi utama dalam bekerja adalah untuk bisa mendapatkan penghasilan. Bagaimana tidak, kebutuhan hidup yang semakin banyak serta tuntutan keinginan yang semakin besar, membuat seseorang mau tidak mau harus bekerja dengan maksimal.

Memperoleh gaji tiap bulan tentunya bisa lebih memudahkan hidup. Sebab hal itu merupakan sebagian dari prinsip kebahagiaan kehidupan yakni finansial.

  1. Motivasi untuk Mendapatkan Jabatan

Tak hanya cukup dengan bekerja serta menyelesaikan pekerjaan harian. Karyawan yang memiliki motivasi untuk bisa mendapatkan jabatan yang diinginkan ini akan melakukan setiap pekerjaannya dengan beyond expectation. Dengan kata lain, mereka akan bekerja dengan effort lebih dan juga mengeksplor lebih dalam keahlian yang dimilikinya.

Sehingga secara tidak sadar, motivasi ini akan membuat seseorang lebih bersaing dengan rekan kerja, mampu mengeluarkan gagasan-gagasan terbaik, dan menjadi yang paling unggul diantara rekan kerja lainnya dari segi apapun. Dengan demikian, produktivitas pekerjaan pun akan semakin meningkat.

  1. Motivasi untuk Memperoleh Pengalaman

Karyawan tak melulu bekerja untuk mendapatkan penghasilan dan jenjang karir bagus. Ada juga yang memiliki motivasi untuk terus belajar dan memperoleh pengalaman sebanyak mungkin. Umumnya, mereka mempelajari posisi yang ditempati secara lebih kompleks dan jangka panjang.Misalnya Anda merupakan fresh graduate dan baru bekerja sebagai staf di bagian human resources.

Kemudian Anda ingin menguasai bidang HR secara lebih luas mulai dari rekrutmen, pengembangan karyawan, sistem penggajian karyawan, dan sebagainya. Sehingga nantinya hal itu dapat menjadikan Anda sebagai orang yang sukses dan berpengalaman di bidang human resources.

  1. Motivasi untuk Pekerjaan Sebagai Hobi

Coba Anda bayangkan, jika pekerjaan yang saat ini dilakukan adalah sebuah hobi, dan dari hobi tersebut Anda mendapatkan bayaran yakni gaji. Ya, nyatanya hal itu bukan omong kosong belaka, motivasi kerja dengan menjadikan pekerjaan sebagai hobi akan membuat Anda semakin semangat bekerja hingga berkali-kali lipat. Mengerjakan pekerjaan sesuai dengan passion dengan penuh rasa cinta, tentu akan terasa ringan dan menyenangkan meski pekerjaan itu sesulit apapun.

  1. Motivasi untuk Cita-Cita

Sebagian diantara Anda mungkin menjadikan pekerjaan saat ini adalah proses atau cara dalam meraih cita-cita serta tujuan di masa depan. Namun, terlepas dari apapun cita-cita dan tujuan yang Anda ingin capai, uang yang dihasilkan dari pekerjaan Anda tentu akan mendukung apa yang sedang di cita-citakan.

Berikut ini, ada enam cara agar karyawan termotivasi yang bisa Anda lakukan untuk  perusahaan, yaitu:

  1. Membangun Lingkungan Kerja yang Menyenangkan

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk membangun motivasi kerja karyawan adalah dengan membangun lingkungan kerja yang menyenangkan. Membangun lingkungan kerja karyawan yang menyenangkan dapat membantu karyawan untuk lebih semangat kerja keras.

Anda dapat membuat beberapa perubahan, mulai dari dekorasi atau tata letak meja dan kursi untuk memberikan warna baru dalam lingkungan kerja. Selain itu, Anda bisa membuat sebuah ruang santai yang dapat Anda dan para karyawan gunakan untuk sekedar beristirahat atau berkumpul bersama karyawan lainnya.

  1. Memberikan Bonus atau Reward

Setiap karyawan pasti akan merasa senang bila diberikan bonus ataupun reward setelah menyelesaikan pekerjaan mereka. Oleh karena itu, Anda bisa menyusun program pemberian bonus bagi karyawan yang berhasil menyelesaikan pekerjaan dan mencapai target perusahaan. Dengan demikian, mereka akan bersemangat dalam melakukan pekerjaan untuk mencapai target sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

  1. Bangun Komunikasi yang Baik dan Menyenangkan

Adanya komunikasi antara karyawan dengan atasan membuat mereka akan merasa lebih nyaman dalam menyelesaikan tanggung jawab dan pekerjaan di perusahaan Anda. Dengan terjalinnya hubungan kerja yang baik, maka secara tidak langsung karyawan akan merasa dekat dengan atasan dan bahkan merasa dipedulikan.

Hal ini membuat motivasi kerja karyawan semakin terbangun dengan baik.

  1. Terbuka Terhadap Masukan

Setiap karyawan pasti memiliki masukan yang berbeda-beda dan mempunyai maksud dan tujuan untuk mengembangkan perusahaan Anda. Sebagai atasan atau pemimpin, Anda perlu terbuka terhadap masukan agar karyawan dapat merasa sangat dihargai ketika sedang bekerja. Dengan demikian, mereka akan lebih bersemangat untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab, serta pekerjaan yang sudah diberikan oleh perusahaan karena mereka memiliki pemimpin yang bijaksana dan mau mendengarkan berbagai macam masukan dari karyawannya.

  1. Membuat Program Training untuk Meningkatkan Potensi Karyawan

Salah satu cara lain untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberikan program training. Dengan program pelatihan ini, karyawan dapat mengembangkan potensi dalam dirinya yang tentunya juga akan sangat berguna untuk perusahaan.

  1. Melakukan Kegiatan Outing untuk Mengeratkan Hubungan Antar Karyawan

Terakhir,  agar karyawan termotivasi  dengan melakukan kegiatan outing untuk menyegarkan pikiran mereka sejenak.

Outing juga dapat mempererat hubungan antar karyawan sehingga mereka dapat mempunyai chemistry yang kuat dalam memajukan dan mengembangkan perusahan Anda.

Jika anda memerlukan konsultasi tentang bisnis anda bisa hubungi kami melalui website www.supersonality.com kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang konsultasi bisnis,sudah banyak perusahaan-perusahaan yang berkonsultasi dengan kami.

Terimakasih semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?